4/17/2013

LA Pertemuan Ke-3 C++

Program 1


Ini merupakan program yang dapat mengenali inputan dari user, yaitu bilangan genap, bilangan ganjil dan bilangan NOL. Contoh, ketika user diminta memasukkan angka yang dikehendakinya misalnya 34 lalu menekan enter, maka program akan membaca sebagai bilangan genap.

Contoh lain, ganjil dan bilangan nol.


Selanjutnya saya akan menjelaskan logika program, dimulai dari #include . Dimana fungsi dari tanda pagar (#) adalah file header/library pada C++. Yang dilanjutkan dengan IOSTREAM dan CONIO seperti pada program diatas. IOSTREAM atau input ouput stream memiliki fungsi untuk memanggil sintaks CIN untuk input dan COUT untuk ouput. Sedangkan .h menandakan header pada C++.
Int a; int adalah singkatan dari integer yaitu salah satu type data pada C++ yang difungsikan untuk bilangan bulat (0-9). Sedangkan a sebagai variabelnya, dimana variabel a hanya dapat diinputkan bilangat bulat saja, jika user menginputkan selain bilangan bulat, contohnya alphabet maka yang ditampilkan adalah bilangan nol.

Clrscr(); à (clear screen) adalah sintaks untuk membersihkan layar dari program-program sebelumnya yang telah tercetak pada layar output, sehingga program terlihat lebih rapih dan efisien.
Cout<<”masukkan angka: “; cin>>a; à cout merupakan salah satu dari Fungsi-fungsi pustaka yang umum digunakan untuk menampilkan hasil yang prototype-nya berada di file judul iostream.h. Fungsi cout() merupakan sebuah objek didalam Borland C++ digunakan untuk menampilkan suatu data kelayar. Jadi yg akan di tampilkan pada layar adalah masukkan angka. Fungsi cin() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk memasukkan suatu data.




Selanjutnya akan memasuki bagian kondisi, yaitu if. Logika dari (a == 0) adalah jika yang diinputkan pada variabel a bernilai 0, maka pada layar akan di tampilkan tulisan bilangan nol. Fungsi dari \n adalah untuk berpindah pada baris baru. Lalu else if merupakan kondisi ke-2 jika kondisi if tidak terpenuhi. Logika dari (a%2 == 0) adalah symbol persen(%) merupkan modulus dalam C++ yaitu hasil bagi, jadi jika variabel a modulus bilangan 2 samadengan nol maka akan tercetak pada tampilan layar bilangan genap.



 getch() à Fungsi getch() (get character and echo) dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar.

Program 2



ini adalah program GRADE NILAI. Dimana saat user memasukan nilai UTS dan UAS nya, program akan langsung mengkategorikannya dalam salah satu kondisi yang sudah dideklarasikan. Contoh:


sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu float. Float adalah salah satu type data pada C++ yang berfungsi untuk bilangan decimal, kalau integer tadikan untuk bilangan bulat. Biasanya float ini digunakan untuk oprasi perhitungan pembagian dimana akan banyak terdapat nilai decimal.
Float uts, uas, nilai; à jadi variabel uts, uas dan nilai memliki type data float, sehingga saat user memasukkan nilai decimal, program dapat menyelesaikan instruksi yang di inginkan user.
pada nilai total terdapat angka decimal yaitu 90.599998, jika tidak menggukan type data float, maka nilai dibelakang koma ini tidak akan ditampilkan pada layar.

Nilai = (uts*0.7) + (uas*0.3); à pada variabel NILAI dideklarasikan dengan variabel uas dikalikan dengan 0.7 lalu ditambahkan dengan variabel uas dikalikan dengan 0.3. lalu pada layar di tampilkan hasil dari fungsi variabel nilai dengan cout<<”\n Nilai TOTAL: “<
Kemudian dilanjutkan dengan kondisi if, jika hasil dari variabel nilai lebih besar dari 100 makan tercetak error. Dilanjutkan kondisi berikutnya dijika kondisi diatas tidak terpenuhi, yaitu jika variabel nilai lebih besar dari 90, maka akan tercetak GRADE A. Dilanjutkan dengan kondisi selanjutnya, jika variabel nilai lebih besar dari 80 makan akan tercetak GRADE B. Dilanjutkan lagi ke kondisi berikutnya jika kondisi diatas tidak terpenuhi, yaitu variabel nilai lebih besar dari 70 maka akan tercetak C, sedangkan jika variabel nilai lebih besar dari 60 akan tercetak GRADE D. Dilanjutkan dengan kondisi terakhir dimana jika tidak ada kondisi diatas yang memenuhih syarat maka akan tercetak GRADE D.
 getch() à Fungsi getch() (get character and echo) dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar.

0 comments:

Post a Comment

coret-coret disini

 
Copyright 2009 Ekspresikan Hidup Mu..!!!!\^^/. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator